Saturday, December 1, 2012

Kriteria Pemimpin Saat Ini

Sebenarnya kriteria ini tidak hanya untuk calon presiden saja tetapi juga untuk para wakil-wakil rakyat yang ada di Indonesia. Sebenarnya jika kita ‘melek’ sedikit saja mengenai kehidupan sosial maka tidak perlulah rakyat Indonesia merasa bimbang, kebingungan dan akhirnya dibutakan oeh materi untuk memilih pemimpin yang benar. Disini saya akan memberikan gambaran-gambaran seperti apa calon pemimpin yang baik bagi rakyat Indonesia. Tidak susah-susah satu kunci yang perlu kita tahu adalah seorang pemimpin harus mengerti tentang rakyat. Bagamana kehidupannya, bagaimana problematika yang sering dihadapi, dan tahu bagaimana memecahkan masalah tersebut. Dari hal itulah maka akan muncul sub bab berikutnya mengenai kriteria calon pemimpin yang baik.
Dari buku-buku dan pengalaman saya seorang pemimpin haruslah selalu berada di depan ketika ada masalah, hal ini dapat di lihat dari bagaimana cara beliau menyikapi suatu masalah, cepat tanggap, tidak ‘kabur’ dan menyerahkan kepada orang lain ketika masalah menimpanya ataupun organisasinya. Seorang pemimpin juga harus bisa berpikir out of box, dan inovatif, salah satu contohnya dapat kita lihat pada sosok presiden Indonesia sekarang ini. Ketika terjadi bencana di Banda Aceh 26 Desember 2004 beliau tidak hanya berfikir mengenai bagaimana cara mengevakuasi korban bencana tetapi juga memikirkan tentang perdamaian antara Indonesia dan GAM dan akhirnya terealisasikan pada tanggal 15 Agustus 2005. [1] Sesuai yang di uraikan di atas pemimpin juga harus bisa berfikir rasional dalam membuat dan menentukan kebijakan bagi rakyat Indonesia, sesuai pengalaman yang ada di Indonesia masih sering di jumpai kebijakan-kebijakan yang tidak sesuai dengan realita rakyat Indonesia.
Bertanggung jawab dan patuh pada peraturan yang sudah ada, walaupun pemimpin harus berfikir inovatif dan rasional pemimpin juga tidak boleh melupakan peraturan dan kebijakan yang sudah ada di masyarakat nasional maupun internasional dan tidak mengubahnya karena keinginan pribadi. Dari semua itu sikap pemimpin yang bertanggung jawab adalah dapat bersikap sederhana dan tidak haus akan kekuasaan, sikap ini dapat kita lihat pada sosok pemimpin keenam Iran, Mahmoud Ahmadinejad yang menyumbangkan seluruh karpet mewah istana Iran pada masjid-masjid di Teheran dan mengganti prabotan mewah yang ada dengan barang-barang yang sederhana namun terlihat impresif. [2] Hal terpenting dari seorang pemimpin lainnya adalah menjaga kepercayaan rakyat dan kukuh dalam pendirian , tidak mudah goyah akan hasutan-hasutan yang merugikan.
Pemimpin juga harus bersikap religius, bagaimanapun juga hal ini sesuai dengan keadaan rakyat di Indonesia yang mempunyai beragam kepercayaan. Jika beliau adalah muslim maka hendaklah bersikap seperti Rasulullah SAW, dan jika berkepercayaan lain maka bersikaplah sesuai dengan kebaikan yang ada. Selanjutnya pemimpin bisa dan ada untuk membela hak asasi manusia seperti yang di lakukan oleh (Alm ) Munir, beliau merupakan inspirasi bagi bangsa Indonesia supaya tidak takut akan intervensi tangan kekuasaan. Beliau sangat menentang kekuatan militer yag digunakan untuk kepentingan penguasa. Tidak terelakkan bahwa pemimpin tidak hanya dari kalangan ayah namun juga dari kalangan ibu, tokoh yang sudah ada adalah ibu Megawati Soekarno Putri dan Ratu Ellizabeth, jadi pemimpin tidak memihak satu ras dan melakukan diskriminasi gender. Namun pemberikan kepercayan dan tanggung jawab sesuai dengan kemampuan yang dimiliki. Dan pemimpin yang bisa dipertimbangkan adalah seseorang yang berwawasan luas dan dapat menerapkannya di masyarakat sehingga dapat bersaing di era-global saat ini.
Sebenarnya kriteria-kriteria seorang pemimpin tidak sebatas yang di uraikan di atas saja. Jika kita mau berfikir maka kita akan menemukan kriteria-kriteria lain yang lebih baik dari yang ada di atas. Dan pilihlah pemimpin yang sesuai dengan keyakinan, kemantaban serta kemauan diri kita sendiri.

Referensi:
[1] Dr. Dino Patti Djalal, HARUS BISA seni memimpin ala SBY.
[2] As’adi Muhammad. Plusnya otak mereka yang mampu mengguncang Dunia!. DIVA Press

No comments:

Post a Comment